Wednesday, March 23, 2016

MEMILIH KENDARAAN YANG SESUAI DENGAN ANDA (bagian 2)

KEKUATAN SEBUAH MEREK Kendaraan kadang membuat kita silau dan membeli kendaraan karena merek tersebut. Ooopps... jadilah smart buyer, Smart User ya kawan. Lebih utamakan kebutuhan anda akan sebuah kendaraan. Apakah anda memakai kendaraan ini sering di perkotaan atau anda juga memakainya untuk keluar kota dengan medan yang lebih bervariasi?, Apakah anda lebih sering sendiri, bersama keluarga kecil anda atau sering berkendara bersama keluarga besar anda?. Atau mungkin anda memilih kendaraan untuk melakukan deal - deal bisnis anda, atau sekedar untuk menunjukan kapasitas anda. Jawabanya kembali kepada diri anda sendiri.



ANGGARAN, salah satu hal wajib yang akan kita pergunakan dalam mempertimbangkan kendaraan apa yang akan kita pilih. Pembelian Cash atau Credit melalui finance atau perbankan yang kini banyak menawarkan berbagai solusi pembiayaan pembelian kendaraan. DP ringan, Bunga Ringa, Baloon Payment, dan beberapa finance ada yang memberikan paket dengan bunga menurun. Setelah anda menetapkan budget/ anggaran anda, saat nya anda pilah harga dan kelas dari kendaraan yang akan anda pilih. Disinilah saat nya anda membandingkan Fitur-fitur kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan anda.



Perhatikanlah keunggulan dari kendaraan yang akan anda pilih, mulai dari ukuran kendaraan, fitur - fitur yang dimiliki dengan tepat anda bisa tanyakan ke sales mobil tersebut. kita juga bisa mendapatkan berbagai REVIEW kendaraan keluaran terbaru dari berbagai sumber, salah satunya yang paling saya suka adalah melalui web www.youtube.com. karena di sini anda bisa mendapatkan lebih banyak informasi secara visual, bukan hanya sekedar tulisan dari narasumbernya.

Banyaknya pilihan mungkin membuat anda cukup tertantang untuk lebih ketat menyeleksi kendaraan yang cocok buat anda. Eeeits... jangan terkecoh dengan model lho.. jangan sampai anda beli mobil yang modelnya keren "menurut anda" tapi kualitas nya "kurang". Misal peredam interior yang tipis, plastik-plastik kualitas "rendah", yang tentunya membuat kendaraan anda akan cukup bising saat melaju di atas 60km/jam. Apalagi anda yang "speed lover" alias suka memacu kendaraan saat keluar kota, jangan sampai penumpang mobil anda cepat pusing karena bising dan body rolling kendaraan yang mengocok perut. Karena persaingan industri otomotif di Indonesia semakin ketat, banyak pabrikan yang mengabaikan unsur kenyamanan berkendara dengan menonjolkan model yang "menarik" demi mengejar harga yang semakin terjangkau di masyarakat Indonesia. 

After Sales dan Service juga patut menjadi perhatian. Warranty Mesin dan spareparts tentunya membuat anda semakin nyaman memakai mobil idaman anda. Pastikan anda mendapatkan informasi mengenai warranty dan service berkala kendaraan anda dari staff dealer dimana anda membeli kendaraan. Di Nissan misalnya, anda Free service 1000km dan 10.000km, dengan warranty mesin sampai dengan 3 tahun atau 100.000km mana yang tercapai lebih dahulu. Warranty sparepart tertentu 24jam sampai jika anda service di bengkel resmi Nissan. Jika anda membeli mobil Nissan, dan suspensi anda bermasalah (mati misalnya) selama masa warranty anda tinggal konfirm ke bengkel resmi untuk penggantian suspensi. Dengan Service berkala di dealer resmi, perawatan yang baik pada kendaraan anda, maka Purna Jual kendaraan anda pastinya akan tetap terjaga dengan harga yang kompetitif.

INGAT... Jadilah Smart Buyer dan Smart User saat anda memiliki kendaraan...


1 comment: