Thursday, November 30, 2017

ABU VULKANIS GUNUNG AGUNG, PERSIAPKAN MOBIL SOBAT

Beberapa daerah di pulau Dewata sudah terkena dampak erupsi Gunung Agung. Hujan Abu Vulkanis melanda sebagian dari pulau Dewata. Sobat yang memiliki kendaraan roda empat atau roda dua sekalipun sebaiknya memperhatikan beberapa komponen kendaraan untuk melewati hujan abu Vulkanis dampak Gunung Agung. Part apa yang perlu sobat perhatikan?

1. Filter Udara

Sebaiknya sobat memasang filter udara standart pabrikan, baik pada mobil maupun motor. Filter Udara after market biasanya memberikan masukan udara lebih banyak dengan kerapatan filter yang lebih renggang. Untuk sobat, sebaiknya mengganti filter udara dengan standart pabrik yang memiliki daya filter terhadap kotoran lebih maksimal demi menjaga kondisi pembakaran di ruang mesin.

2. Ban

Kondisi ban sebaiknya sobat pastikan masih dalam kondisi baik alur-alurnya. Setidaknya hal ini akan membatu memberikan daya cengkram dan pengendalian yang lebih baik saat melewati jalan berpasir. Ingat sobat, kendaraan akan lebih susah melewati jalanan berpasir, dan pengereman akan tidak optimal jika lapisan aspal di selimuti pasir, jadi jangan ngebut. Pengendalian Mobil akan lebih susah, apalagi kalo mobil sobat penggerak roda belakang, bisa mengakibatkan mobil tidak dapat di kontrol. biar lebih manteb boleh sobat pantengin video di link berikut :


3. Rem

Perhatikan saja kebersihan rem mobil sobat supaya selalu terjaga Kinerjanya dengan baik.

4. Karet Wiper

Pastikan masih memiliki kelenturan yang baik.

5. Air Washer

Air washer harus kondisi terisi, usahakan selalu penuh sebelum sobat melakukan perjalanan. Air washer akan membantu wiper membersihkan lapisan debu di kaca dan mengurangi resiko terjadinya baret-baret halus pada kaca.

6. Radio

Saat seperti ini baiknya sobat pastikan radio sobat berfungsi. Gunanya agar sobat dapat memperoleh informasi terupdate melalui radio tentang kondisi terkini. Jauhi zona Bahaya, perhatikan anjuran dari Instansi terkait.

7. Tools Pribadi

Jangan lupa, sobat harus menyediakan Masker, Kaca mata pelindung dan Payung/penutup kepala untuk melindungi sobat saat keluar dari kendaraan demi menjaga kesehatan sobat.

8. Handphone dan Simpan Nomer-nomer Instansi Terkait

Selain mobil dan tools pribadi, sobat juga perlu mempersiapkan sarana komunikasi. Handphone dengan batrai dan pulsa yang cukup, serta simpan nomer darurat seperti Derek Mobil, Rumah Sakit, Polisi dan TIM SAR area Bali

Tetap waspada di jalan ya sobat. Keselamatan berkendara tetap harus di utamakan.

1 comment: