Thursday, November 30, 2017

AWAS BAHAYA ABU ERUPSI GUNUNG AGUNG BUAT MOBIL SOBAT

Sobat Otomotif Bali, sahabat Nissan Lovers, seperti kita ketahui bersama bahwa Gunung Agung  telah mengalami erupsi beberapa hari ini. Gunung Agung memuntahkan material yang paling banyak memberikan dampak luas adalah hujan Abu Vulkanik. Sobat Bali, Abu Vulkanik dapat mengganggu beberapa fungsi dari kendaraan. Hal-hal yang perlu diperhatikan jika daerah tempat tinggal sobat terdampak hujan abu vulkanik, atau sobat habis melakukan perjalanan melewati daerah terdampak hujan abu vulkanik? Berikut beberapa tips sederhana dan sekedar Info bahaya abu vulakin pada kendaraan.

1. WIPER

Pada bagian Eksterior, komponen yang paling sering di pergunakan saat kondisi jalanan dengan Abu vulkanik adalah lampu-lampu dan wiper. Mungkin lampu-lampu tidak akan terlalu terganggu oleh abu vulkanik karena letaknya yang lebih tertutup denga rapat. Wiper yang menjadi perhatian sobat disini,karena kemungkinan besar sobat akan menyalakan wiper saat pandangan sobat terganggu oleh abu. Jika hal ini sobat lakukan bisa mengakibatkan terjadi kerusakan pada karet wiper. 

2. KACA DEPAN MOBIL

Jika intesitas abu sangat pekat sebaiknya sobat berhenti dan mencari tempat yang lebih aman. Kecuali sobat memang berada di zona bahaya, sobat harus segera cari tempat aman ya. Ya, jika abu sangatlah tebal, dan sobat menggunakan wiper untuk membilas abu yang ada di kaca depan mobil sobat. Hal ini dapat menimbulakan baret-baret halus di kaca depan  mobil. sangat merugikan bukan?

3. CAT KENDARAAN

Abu Vulkanis mengandung bahan kimia SO2 yang dapat mengakibatkan kerusakan pada cat. Kerusakan yang paling memungkinkan adalah baret halus pada lapisan cat.

4. FILTER UDARA

Karena udara dengan jandungan abu vulkanis ini bukanlah udara yang biasa di filter oleh Filter udara mobil kita. Hal ini dapat mengakibatkan ketahanan Filter berkurang, Karena filter akan bekerja lebih keras dan berakibat pada cepat kotornya komponen filter Udara.

5. REM

Jalanan berdebu dengan intensitas berlebihan mampu membuat komponen rem tidak dapat bekerja secara maksimal akibat adanya kotoran Debu dengan kandungan SO2 yang masuk pada komponen Rem. Jika hal ini tidak segera mendapat perawatan setelah sekian lama bisa berakibat dengan terganggunya sistem pengereman, terutama pada mobil dengan sistem rem ABS.

6. MESIN

Dampak pada mesin kemungkinan tidak akan di rasakan langsung oleh sobat. Karena dampak pada mesin ini sifatnya merupakan akibat dari pengapian yang kurang baik disebabkan oleh filter udara yang kotor, dan Oli mesin yang kotor pula. Untuk mencegah terjadinya kerusakan mesin, sobat harus lebih memperhatikan perawatan pada filter udara mobil sobat. Pembakaran yang tidak sempurna juga bisa mengakibatkan kerak pada silinder head mesin mobil.

7. AC

Karena kinerja AC mobil juga menggunakan Evaporator, saringan udara yang kotor juga akan membuat kinerja Kondensor tidak maksimal. Akibatnya suhu AC akan berkurang dingin nya. 

Jika gejala-gejala berkurangnya fungsi kerja dari part mobil sobat sudah mulai muncul, sebaiknya segera bawa mobil sobat ke bengkel untuk dilakukan pembersihan dan perawatan. Buat sobat Nissan Lovers di BALI, sobat bisa mengunjungi bengkel resmi Mobil Nissan Terdekat.

Denpasar-Tabanan-Jembrana :
Nissan Gatsu
Jl. Gatot Subroto Barat 416xx- Denpasar

Jimbaran - Nusa Dua:
Nissan Kedonganan
Jl. By Pass Kedonganan

Gianyar - Klungkung - Karangasem-Singaraja :
Nissan Gianyar
Jl. By Pass Buruan




No comments:

Post a Comment